June 17, 2016

FINDING DORY - WHEN LITTLE TINY BLUE FISH MISSED HOME (2016)


Finding Nemo adalah salah satu animasi kesayangan hampir seluruh anak-anak diseluruh dunia, bahkan orang tua pada tahun 2003. Film yang mengusung cerita kembalinya Nemo kepada ayahnya Marlin, hampir menyentuh jutaan hati diseluruh dunia, tentang salah satu hubungan ayah dan anak yang paling memorable sedunia animasi. Pixar, dengan keputusannya tahun 2012 akan membuat sequel dari Finding Nemo, dengan judul Finding Dory, well it took 9 year to continue, huh? 

Sinopsis : Dory adalah salah satu ikan di laut luas yang memiliki short term memori (ingatan jangka pendek). Setelah petulangannya usai dengan Marlin untuk menyusuri laut lepas menyelamatkan anaknya, Nemo, dan Marlin bersumpah tak ingin itu terulang lagi. Tapi, apa yang terjadi saat Dory ingat keluarganya?

Tahun 2012 lalu, Pixar akhirnya mengumumkan bahwa Finding Nemo 2 sequel adalah Finding Dory dan disutradarai kembali oleh Andrew Stanton. Here’s lemme tell you something about Pixar. Pixar adalah studio animasi yang membawa sentuhan paling magical pada hampir semua film-film animasi yang mereka release untuk anak-anak diseluruh dunia, dan Pixar bukan hanya studio animasi yang mengusung keseruan ataupun keindahan warna warni animasi di film-filmnya tersebut. Pixar, merupakan studio yang selalu mementingkan makna dari sebuah film. Yes, and it works, almost all the time.



Finding Dory kali ini adalah salah satu sequel terbaik Pixar, selain installment Toy Story dan Monster University. Jujur, saya suka dengan Monster University, karena twist terakhir dari film tersebut, merupakan salah satu twist terbaik bagi saya. Well, butuh waktu lama bagi saya untuk menafsirkan tentang apa sebenarnya film Finding Dory ini. Bahkan dari trailer, yang hanya terbayangkan adalah, I just need to keep swimming with Dory, to find her mother and father. Tak disangka, saya terkejut bahwa arti dari film ini bukan hanya ia kembali kepada ibu dan ayahnya, tapi semua keluarganya, masa lalunya, kenangan indahnya bersama ibunya dan ayahnya serta rumah lamanya dimana tempat ia dilahirkan.

Andrew Stanton sekali lagi berhasil membuat saya terpukau, bukan hanya dari keindahan laut, dan betapa birunya set aquarium besarnya, tapi dari segi cerita yang begitu manis dan begitu sedih dan pahitnya kenangan Dory. Bagi saya, di film ini Andrew Stanton menekankan bahwa, if you lack of something in your life, like Dory with her Short Term Memory that she suffered since she was a kid, that doesn’t mean you can’t do anything that you couldn’t ever imagine. Petulangan Dory ini benar-benar membuktikan bahwa, vulnerable can be change forever. But, this is not the really magical part. Karena, sudah banyak sekali film yang mempunyai arti seperti itu.


The magical part is the part when Dory remember everything step by step. Perjalanannya, orang tuanya, dan teman-temannya. I even cry a little bit, saat adegan twist dari film ini, dan lebih terenyuh lagi dengan final endingnya, yang menyatakan bahwa Dory tidak lagi sendiri. Dory sudah pulang ke keluarganya yang sebenarnya, dan dia tidak akan pernah sendiri lagi di dunia ini, dan hal yang paling terpenting adalah, Dory punya semua orang yang menerimanya, dengan kondisi ingatan jangka pendeknya tersebut, even though, back then no one cares about her really much. Oh yes, she’s a nice fish too, that’s why she has soooo many friend in the ocean. Psst, Stanton disini juga menggambarkan beberapa hal, tentang binatang laut. Pertama, they shouldn’t be captured like that, meaning yang sama dengan Finding Nemo. Dan Lagi, Stanton menggaris keraskan, bahwa anak-anak tidak boleh melakukan hal-hal yang tidak baik pada ikan.

Overall, the magical of Pixar are the twist and the meaning. I am the biggest fan of every movie that Pixar brought to cinemas. Dan Finding Dory adalah salah satunya, and also, this is one of the best sequel that Pixar ever made. Jokenya menyenangkan, bahkan anak-anak dapat tertawa terbahak-bahak di beberapa adegan di film ini, sedih dibeberapa adegan di film ini, dan merasa tersentuh dibeberapa adegan di film ini, man.. that’s a lot of wasting word. Also, Finding Dory could deliver the true meaning of family reunion, and the feel of when you lost your family and can not find them ‘when you’re get home’. So, this is a lot of emotion, walaupun tidak se-sedih bagian ‘So long, Partner’ yang melegenda itu. Tapi, it’s still memorable. 9 year couldn't be more sweet than this. - 4.5/5

No comments: