April 27, 2016

CAPTAIN AMERICA : CIVIL WAR - FINALLY, SUPERHERO (2016)

Ditayangkannya Ant-Man pada Juli tahun 2015 lalu, merupakan penutup Marvel Cinematic Universe: Phase Two, dan diputarnya Captain America: Civil War, merupakan sebagai titik awal dari babak akhir atau Phase 3 dari rentetan lini masa Marvel Cinematic Universe, dan sebagai pembuka, let's see how Civil War doing, shall we?

Sinopsis : Ketika rentetan peristiwa yang terjadi di New York, Washington DC dan Sovakia, yaitu perang antara The Avengers menyelamatkan bumi dari serangan musuh, ternyata juga menimbulkan dampak yang negatif terhadap warga sipil disetiap negara-negara tersebut. Membuat keyakinan masyarakat akan The Avengers mulai menipis, dan keadaan tersebut memaksa pemerintah untuk turut ikut campur dalam segala hal yang berhubungan dengan kapan, bagaimana dan dilakukan atau tidak dilakukannya penyelamatan oleh tim Avengers. Perjanjian tersebut kemudian membagi tim Avengers menjadi 2 dan membuat perpecahan.

Sesuai dari caption filmnya, Divided We Fall. Hasil kerja keras Anthony dan Joe Russo terbayar sudah. Caption tersebut tergariskan sekeras-kerasnya pada aliran plot yang terus mengalir selama hampir 2jam 30menit, terlebih lagi dengan judul Civil War-nya tersebut, it's so strong to the story. Melirik kembali pada apa yang telah mereka berdua lakukan pada Captain America: The Winter Soldier, menjadikan film tersebut penuh dengan twist-twist asik, humor tepat waktu dan sasaran, shot-shot brilliant yang mengaggumkan and a very blast fight, non-stop and will never stop. Begitulah saya dapat menggambarkan, atas karya luar biasa duo sutradara yang memulai debutnya, hanya dengan film keluarga, yang namanya telah diangkat oleh Marvel setinggi-tingginya, beserta Chris Evans, Robert Downey, Jr. and the rest of the crew of this marvelous superhero movie.



Lewat Captain America: Civil War ini, sekali lagi Marvel, Anthony dan Joe Russo, beserta semua castnya memperlihatkan kepada mata dunia bahwa sebuah film superhero adalah suatu tontonan yang harus bisa dicapai oleh seluruh khalayak masyarakat. Walaupun, film tersebut masih memiliki unsur-unsur dark yang hanya dimengerti oleh orang-orang dewasa. Dengan kata lain, selain film ini ditujukan untuk remaja dan dewasa dikarenakan rating PG-13, film superhero merupakan salah satu film favorite anak-anak yang dapat menjadi icon dan menginspirasi.

So, the important part of making a Superhero movie is, this movie must be a blast, fun, inspiring dan memorable at the same time, dan Civil War menyajikannya kepada penonton dengan menggabungkannya secara solid dari kesemua unsur tersebut. Mulai dari adegan pembuka (kedua), duo Russo ini sudah memberikan semua penontonnya dengan aksi yang menjanjikan, well, make every eyes don't want to blink every second of it, yang kemudian diselipkan bagian-bagian penting cerita yang kemudian menjadi rentetan cerita yang rapi yang menyambungkan cerita-cerita tersebut dengan cerdik, baik ke-masa depan maupun masa lalu dari lini masa MCU yang mudah untuk diikuti, tanpa harus berfikir keras yang membuat penonton kelelahan hingga film tersebut habis.

Dapat dikatakan, this is a superhero with a war movie, I mean, this is versus, you know, not just for a talk, but for a fight and what I mean for a fight, I mean, a real fight.. Disinilah tempat yang tepat to get a real fight that you want, dengan twist-twist yang berlapis-lapis bersamaan dengan humor ataupun dengan drama yang mengisi durasi hampir dari 2 jam 30 menit ini. Bahkan, ekspektasi yang sudah kalian bayangkan dan telah kalian pasang dari rumah setelah menonton semua trailer yang sudah disajikan Marvel, diubah menjadi suatu tontonan yang unpredictably-dramatic, dan ekspektasi tersebut melampaui batas ekspektasi yang sudah saya pasang sebelumnya, I mean, I really feel that.



And, everyone would say, that, film ini akan menjual Spider-Man sebagai karakter yang harus ditunggu-tunggu yang kemudian menaikkan emosi dan tingkat excited penontonnya, well, benar dan tidak benar. Benar, karena Spider-Man juga cukup menjual dan tidak benar karena, dari awal film ini, duo Russo dapat menjaga kestabilan emosi penonton yang pasang surut dan tingkat excited yang tak pernah surut-surut, bahkan pada karakter yang belum pernah dilihat, ataupun karakter yang tidak diperhitungkan sekalipun, like, everyone's matter, dan menjadikannya film Superhero terbaik setelah The Avengers dan Guardians of the Galaxy yang luar biasa menyenangkan itu. Bahkan, untuk pembagian layar bagi setiap cast mulai dari karakter lama maupun karakter baru, kemudian dalam menceritakan latar belakang karakter baru, memang Marvel terkenal sebagai juara bertahan untuk pembagian layar yang sangat fair, that, penonton tidak perlu mencari background dari karakter superhero tersebut ke website-websitenya, karena sudah disampaikan dengan padat, singkat dan jelas, and that's absolute win for Marvel, I really adore Kevin Feige and Stan Lee for this MCU.

Sebelumnya, saya menyebutkan bahwa Anthony dan Joe Russo menampilkan cinematography yang memukau, and yes I adore it. Bukan dari cinematography seperti The Revenant, ataupun Gravity, tapi dari cinematography yang menampilkan sudut pandang penonton dalam menyaksikan karakter idolanya bertarung satu sama lain, perfectly bahkan dengan shaky cameranya. It's really-really a good point of view, dan gambar di atas adalah salah satu scene cinematography favorite saya dengan efek slow motion yang mengaggumkan, menambahkan gema dan atmosfir yang membuat saya merinding hingga bermenit-menit, bahkan hingga film ini usai.

Overall, yes, this is another solid, complete, fun and good teamwork of The Avengers and Guardians of the Galaxy. Deliver us a good story, with purpose to tell us what the next phase 3 would be with amazing and epic beginning. Selalu pas dalam menyampaikan humor, super fun, and understandable walaupun unpredictable. Good cast, and hell yeah it's awesome for almost 2 hour and 30 minutes. Bonus? Is Spider-Man of course, my expectation is flying so high to the sky right now, good work Duo Russo's. Also, this action always make blown away, every damn second! [spoiler] like when Spider-Man defend from Bucky's metal fist. AMAZING! - 4,75/5

No comments: