December 26, 2012

Habibie dan Ainun (2012) - Kisah dramatis cinta yang indah dari Presiden Ke-3 Republik Indonesia.


Semenjak terjadinya pasca masalah pajak film yang terjadi di Indonesia, dan akhirnya selesai, Perfilman Indonesia seakan diterpa angin kesuksesan, hampir penuh dengan cerita-cerita hebat, bahkan, sudah bisa membanggakan Indonesia itu sendiri. Meski beberapa masih di isi dengan Hor-Bo. Dimulai dari The Raid, lalu Modus Anomali, Rumah Kentang, Langit ke-7, Atambua 30 derajat Celcius, Lo gue end, 5cm, Negeri 5 Menara, hingga Habibie dan Ainun. Jika di Ranking, Habibie dan Ainun, merupakan film kedua Terbaik setelah The Raid menurut saya. 4.75/5 merupakan angka yang besar, dan tidak sembarang film bisa meraihnya. Baiklah, langsung saja kereview. (Logat Presiden Habibie)

Terimakasih Ya Alloh, Engkau telah memberikan Aku cinta, yang murni, suci, sempurna, sejahtera hingga mati. – Rudy Habibie.


Habibie dan Ainun, merupakan sebuah Film Biography dari Presiden ke-3 Indonesia, yaitu Bapak Habibie, menceritakan tentang Kehidupan dan cerita cinta yang telah dijalin oleh Habibie (Reza Rahardian) dan Ainun (Bunga Citra Lestari)


Sebelumnya, Jangan pernah mengatakan kalau film ini adalah film cengeng dan saya setuju dengan Movieneus Partner saya. Jangan dikatakan seperti sinetron yang ada di TV, karena ini berbeda, film ini jauh dari kata Sinetron, film ini digarap semaksimal mungkin, dengan aktor terbaik Reza Rahardian yang membawa karakter seorang habibie tepat sasaran dan bagi saya, tidak sedikitpun perannya tersebut terlihat seperti ber-akting, alias seperti nyata. 

 Habibie dan Ainun, di film-kan berdasarkan kisah nyata yang dirangkum dalam sebuah buku, lalu diangkat ke layar lebar dengan nilai bagi saya, hampir perfect! Narasi dari cerita ini, dimulai dari awal hingga akhir seakan tak terlupakan, membuat sebuah adegan cinta dan tampilan seorang patriot pemimpin negara tersebut seakan terasa oleh penonton. Film Habibie dan Ainun, bagi saya pribadi, merupakan Romance terbaik tahun ini. Cerita dari film ini dibuat sangat sesuai dengan apa adanya, Romansa indah yang begitu kental seakan menyentuh hati setiap penonton mulai dari awal terjalin kisah kasih tersebut, hingga penutupan mata terakhir. Di rangkum secara sempurna! Sangat sempurna sehingga membuat penonton terhanyut dalam kehidupan mereka berdua.

Kisah patriotik dari seorang Habibie, ketekunannya, hingga sebuah kata-kata yang terlontar dari mulutnya, di Film ini, seakan-akan membuat saya bersemangat, Film ini sekali lagi bagi saya memiliki sejuta kekuatan di balik rajutan naskah romansa yang menyentuh, indah, dan tak terlupakan, untuk menyadarkan segenap rakyat Indonesia. Duh, saya merasa seperti patriot dan maaf, keluar konteks. Soundtrack dari film ini, mungkin bisa dianggap sebagai suatu kekuatan menambah nilai untuk film ini, dari setiap emosi yang campur aduk, antara bangga, sedih, bahkan terkagum dari setiap perasaan penonton.


Film ini, menambah rasa hidup di hati, dengan tokoh Habibie yang diperankan oleh Reza Rahardian, yang merupakan sumber pertama film ini menjadi film Romance terbaik di tahun 2012, percaya atau tidak, Reza Rahardian memerankan tokoh habibie layaknya ialah seorang Habibie tersebut, penuh penghayatan, tanpa sedikitpun kesalahan, mulai dari logat bicara, gaya berjalan, hingga tertawa, membuat saya terkagum, dan, karena saya belum pernah melihat tokoh Habibie secara langsung, tetapi, melalui lakonan yang diperankan oleh Reza Rahardian, membuat saya, atau mungkin penonton selain saya yang belum pernah melihat Habibie secara langsung seakan-akan mengenal, dan mengerti, hingga memahami, siapa Habibie, dan bagaimana Habibie itu sendiri. Dan, adegan yang Ia lakukan, dapat dikatakan The Best, sangat natural dan tidak seperti dibuat-buat. Ditambah dengan peran Bunga Citra Lestari sebagai Ainun, Bunga Citra Lestari, memerankan seorang Ainun hampir pas buat saya, tetapi, kekurangan dari hampir itu adalah, gaya bicara yang hampir mirip seperti wanita tahun 2012. Tetapi, selebihnya, mereka berdua memerankan Habibie dan Ainun perfect, seperti yang aslinya. Apalagi Reza Rahardian yang membekaskan seorang sosok Habibie dihati para penonton setelah menontonnya.

Tetapi, dibalik nuansa romance yang indah, aktor yang hebat dan patriotik yang kuat, mungkin, kelemahan dari film ini sendiri adalah dari alurnya yang bisa dikatakan melompat-lompat, tetapi, kekurangan tersebut dapat dimaklumi karena, menceritakan sebuah biography tidaklah bisa diceritakan hanya dalam film berdurasi 145 menit ini. Dan lagi, maaf jika ini salah, sesuatu yang terselip dari film ini, mengurangi nilai sejarah dari film ini sendiri.

Overall, Habibie dan Ainun merupakan kisah patriotik yang sangat membangun dan romansa cinta yang indah, menyentuh dan tak terlupakan, dan akan meninggalkan bekas dihati kalian, tentang siapa Habibie itu meskipun kalian telah meninggalkan Studio. Walaupun sedikit memiliki kejanggalan dan Alur yang melompat-lompat, tapi Habibie dan Ainun merupakan The Best Indonesia Romance Movie of The Year in 2012. Sangat recommend, dan, Hei Moviegoers, Jangan segan untuk mengeluarkan air mata.

No comments: